Nama Band di Patenkan?

Entah siapa yang salah, apakah terdapat kesalahan pada pewartaan oleh wartawan dari Rileks.com atau memang narasumber berita tersebut yang salah. Coba lihat link JOSHUA Rebutan Nama Dengan Grup Band. Salah satu kalimat dalam berita tersebut menjelaskan sebagai berikut.

Nama Pang-5 menurut Dhana sudah dipatenkan secara resmi pada bulan Mei 2007 lalu. Dan grupnya adalah satu-satunya yang dinyatakan resmi memakai nama tersebut. Meski nama Panglima memang bukan grupnya yang telah menciptakanya. Memang sudah ada sejak dulu.

Dari potongan paragraf tersebut pada pokoknya menjelaskan ada suatu nama grup band yang dipatenkan, kemudian nama tersebut diperebutkan. Grup yang “mematenkan” nama Pang-5 tersebut merasa sebagai satu-satunya pihak yang berhak menggunakan nama Pang-5.

Dengan asumsi, berita tersebut diwartakan oleh wartawan Rileks.com sebagaimana adanya, maka terdapat kekeliruan pemahaman terkait hak paten. Pasal 1 ayat (1) Undang-undang Nomor 14 Tahun 2001 Tentang Paten menjelaskan sebagai berikut.

Paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh Negara kepada Inventor atas hasil Invensinya di bidang teknologi, yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri Invensinya tersebut atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya.

Berdasarkan pasal tersebut terdapat beberapa unsur penting dalam paten, yaitu:
1. hak ekskulif;
2. diberikan oleh negara kepada Inventor;
3. terhadap hasil invensi di bidang teknologi; dan
4. untuk jangka waktu tertentu.

Penjelasan unsur pertama. Hak eksklusif adalah suatu hak khusus yang diberikan kepada pihak tertentu dimana hanya pihak tertentu tersebut yang dapat menggunakan haknya atau hanya pihak lain yang diberkan hak oleh si penerima hak eksklusif tersebut yang dapat menjalankan hak tersebut.

Unsur kedua yaitu, diberikan oleh negara kepada Inventor. Artinya dalam proses perolehan hak paten ini adanya campur tangan dari negara melalui Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual yang memberikan hak tersebut kepada Inventor (seorang yang secara sendiri atau beberapa orang yang secara bersamasama melaksanakan ide yang dituangkan ke dalam kegiatan yang menghasilkan Invensi). Pemberian hak ini terkait dengan sifat dari hak paten, yaitu harus melalui proses permohonan hak paten. (Tata cara permohonan hak paten diatur dalam BAB III Undang-undang Nomor 14 Tahun 2001 Tentang Paten).

Ketiga, yaitu unsur diberikannya hak paten hanya terhadap hasil invensi dibidang teknologi. Invensi sendiri adalah ide Inventor yang dituangkan ke dalam suatu kegiatan pemecahan masalah yang spesifik di bidang teknologi dapat berupa produk atau proses, atau penyempurnaan dan pengembangan produk atau proses. Selanjutnya perlu dijelaskan, invensi semacam apa yang dapat diberikan hak paten? Untuk itu dapat melihat ketentuan Pasal 2 Undang-undang Nomor 14 Tahun 2001 Tentang Paten sebagai berikut.

(1). Paten diberikan untuk Invensi yang baru dan mengandung langkah inventif serta dapat diterapkan dalam industri.
(2) Suatu Invensi mengandung langkah inventif jika Invensi tersebut bagi seseorang yang mempunyai keahlian tertentu di bidang teknik merupakan hal yang tidak dapat diduga sebelumnya.(3) Penilaian bahwa suatu Invensi merupakan hal yang tidak dapat diduga sebelumnya harus dilakukan dengan memperhatikan keahlian yang ada pada saat Permohonan diajukan atau yang telah ada pada saat diajukan permohonan pertama dalam hal Permohonan itu diajukan dengan Hak Prioritas.

Unsur terakhir, suatu paten diberikan untuk suatu jangka waktu tertentu, yaitu selama dua puluh tahun dan sepuluh tahun untuk paten sederhana, yaitu Invensi berupa produk atau alat yang baru dan mempunyai nilai kegunaan praktis disebabkan oleh bentuk, konfigurasi, konstruksi, atau komponennya.

Jika kutipan berita di website Rileks.com tersebut dikaitkan dengan unsur paten, maka jelas kalau pernyataan “nama grup band dipatenkan” adalah tidak tepat, karena nama grup band pada dasarnya bukanlah suatu invensi yang dapat diberikan paten. Nama grup band tidak terkait dengan suatu invensi pada bidang teknologi. Dalam pemberian nama grup band juga tidak ditemukan adanya suatu kegiatan pemecahan masalah yang spesifik pada bidang teknologi baik berupa produk atau proses.

Solusi dari masalah ini jika grup band Pang-5 tetap ingin memperoleh perlindungan hukum terhadap nama grup band tersebut, adalah menggunakan alas hak terhadap kekayaan intelektual yang dapat mengakomodir, yaitu menggunakan perlindungan Merek sebagaimana diatur dalam Pasal 1 butir 1 Undang-undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek yang menjelaskan sebagai berikut.

Merek adalah tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa.

Dari penjelasan mengenai Merek, unsur perlindungan hukum terhadap nama grup band Pang-5 terpenuhi, karena nama Pang-5 merupakan nama, kata, huruf yang digunakan sebagai daya pembeda dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa, yang dalam kasus ini adalah perdagangan jasa hiburan. Sebagai tambahan, agar dapat menggunakan merek Pang-5 secara sah, grup tersebut harus melakukan pedaftaran merek dengan tetap memerhatikan ketentuan dalam Pasal 5 ndang-undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek, yaitu:

Merek tidak dapat didaftar apabila Merek tersebut mengandung salah satu unsur di bawah ini:
a. bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, moralitas agama, kesusilaan, atau ketertiban umum;
b. tidak memiliki daya pembeda;
c. telah menjadi milik umum; atau
d. merupakan keterangan atau berkaitan dengan barang atau jasa yang dimohonkan pendaftarannya.

Simpulan singkat dari penulisan ini adalah, nama suatu grup band tidak bisa dipatenkan melainkan dapat menggunakan perlindungan merek. Sementara itu, terhadap lagu yang diciptakan oleh grup band tersebut dapat menggunakan perlindungan hak cipta.

Referensi:
1. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2001 Tentang Paten
2. Undang-undang Nomor 15 Tahun 2001 Tentang Merek

catatan:
Ternyata hal serupa ditemukan juga dalam kasus berikut http://www.kontan-online.com/print.php?q=v&tahun=X&edisi=6&id=30

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.