Apple New MacBook 2015

Apple emang jago untuk bikin produk dengan desain yang cantik.

Apple MacBook 2015 ini didesain begitu ringan dan tipis serta memiliki tampilan fisik yang memukau.

Masih mengusung uni-body, sekarang Apple juga menambahkan desain keyboard yang memanjang dari sisi kanan ke sisi kiri dan hampir tidak menyisakan ruang kosong.

Layar yang digunakan juga masih lekat dengan jargon “Retina” di mana resolusi yang digunakan pada MackBook 2015 adalah 2304×1440 px pada layar 12-inch. Perpaduan lebar layar tersebut menghasilkan aspek rasio 16:10 (cocok untuk menonton video yang banyak beredar saat ini).

Salah satu fitur yang menonjol dari Apple MacBook 2015 ini adalah fitur Force Touch. Trackpad yang saat ini memang sudah nyaman digunakan diperangkat MacBook Air dan Pro dimodifikasi dengan menghilangkan elemen mekanik, sehingga “trackpad” yang ada di Apple MacBook 2015 menggunakan sensor tekanan yang bereaksi terhadap seberapa besar tekanan yang diberikan terhadap “trackpad”-nya.

Support terhadap battery juga ditingkatkan di Apple MacBook 2015 ini. Apple mengklaim bahwa Apple MacBook 2015 ini sanggup untuk digunakan lebih dari 9 jam.

Dengan desain yang menarik dan fitur-fitur baru di atas, ternyata ada beberapa aspek yang dikorbankan, yaitu antara lain prosesor yang digunakan “hanya” Intel Core M yang memang terkenal karena hemat daya namun hanya memberikan performa yang “biasa saja”. Kita tampaknya tidak terlalu bisa mengandalkan Apple MacBook 2015 ini untuk keperluan multimedia seperti foto dan video editing apalagi berharap bisa main game yang butuh graphic card dan prosesor high-end. Penggunaannya lebih kearah penggunaan untuk keperluan office dan browsing serta multimedia ringan seperti melihat foto dan menonton video.

Selain itu, karena desainnya yang tipis, Apple MacBook 2015 mengorbankan penggunaan port untuk HDMI dan USB konvensional serta menggantinya hanya dengan satu USB-C port yang sudah support USB v3.0. Tentunya ketersediaan port di Apple MacBook 2015 yang hanya satu ini akan merepotkan buat kita yang sering bertukar data melalui USB konvensional dan juga menampilkan layar MacBook ke proyektor karena harus membawa banyak konektor terpisah.

Dengan kelebihan dan kekurangan yang ada, Apple Macbook 2015 dapat dikatakan membawa angin segar terhadap desain laptop yang makin lama semakin jenuh dan tergantikan perangkat tablet.

Harga dari Apple Macbook 2015 ini adalah US$1299 (sekitar Rp16,7 juta – dengan kurs hari ini yang makin luar biasa…)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.