Bicara Keamanan Sistem

Bicara keamanan pada suatu sistem komputer/gadget itu gampang-gampang susah. Gampang karena kita bisa memasang atau menggunakan sistem perlindungan apapun yang ditawarkan. Susahnya adalah, kita tidak bisa yakin 100% bahwa sistem itu itu aman sepenuhnya. Sering kali orang berbicara bahwa sistem A lebih baik dari sistem B atau sistem C adalah yang terbaik karena sistem C itu telah menggunakan perlindungan maksimal.

Contoh pada dunia nyata deh. Banyak yang bilang bahwa menggunakan Mac OSX itu lebih aman dari Windows di PC karena tidak mungkin kena virus atau pake linux itu lebih aman dari pada pakai Mac OSX atau Windows. Apakah pernyataan ini benar? Mungkin..tapi pada kenyataannya ketiga sistem yang saya sebutkan di atas memiliki celah keamanannya masing-masing. Yang terakhir, Windows dengan berbagai virus yang tak henti-hentinya. Mac OSX dengan memanfaatkan exploit pada file pdf dan linux dengan berbagai “rootkit”-nya.

Contoh lain adalah pada dunia gadget. Banyak yang bilang pakai iPhone dengan iOS-nya itu lebih aman daripada menggunakan smartphone berbasis Android atau yang berbasis Windows Mobile. Apakah ini benar? Sekali lagi mungkin..tapi kita tidak bisa menampikkan fakta bahwa ketiga sistem operasi pada gadget itu juga bermasalah.

Jadi, apa yang harus kita lakukan? Yang paling utama kita lakukan adalah mengerti penuh atas apa yang kita gunakan. Artinya adalah, setiap kita menggunakan suatu sistem, kita harus paham benar apa? bagaimana? kapan? kenapa? dan siapa sistem kita itu. Dengan pengetahuan itu kita tidak mudah terjebak pada virus, trojan atau aplikasi perusak lainnya, karena berdasarkan hasil riset, penyebab utama suatu sistem menjadi tidak aman adalah pengguna dari sistem itu.

Oh iya, kalau bicara mengenai keamanan sistem, mumpung beritanya masih hangat, ada berita dari salah seorang developer apps untuk Apple yang di-kick dari statusnya sebagai apps developer karena dia menampilkan video bagaimana menembus proteksi Apple terhadap apps-nya yang konon sangat secure.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.