Installasi ADSL, Wireless Access Point Router dan Wireless Card

Kemarin, Rabu 30 Mei 2007 resmi lah sudah Zka menggunakan ADSL via Telkom Speedy, setelah seminggu penuh mengalami koneksi kacau balau waktu pake Cable Modem yang disebabkan entah terjadi miss-configure modem atau memang terjadi trouble di ISP providernya (Digital1).


Kembali kemasalah ADSL. Setelah administrasi di telkom selesai, Zka pulang membawa modem ADSL dan setumpuk kecil dokumen administrasi tersebut. Untuk installasi, sebelumnya Zka mendapat informasi untuk menunggu ada orang dari telkom speedy yang akan meng-install-nya karena menurut mereka ada yang harus dipasang pada saluran telepon. Padahal sebenernya installasinya cukup mudah (hampir ajah di kerjain TS-nya). Installasi modem ADSL itu sendiri memakan waktu tak kurang dari 10 Menit dan sesudah itu selesai…Zka terkonek ke Internet. Selanjutnya modem ADSL itu disambungkan ke wireless access point router yang dibawa oleh fwerd. Prosesnya sendiri dilakukan secara terpisah, yaitu terlebih dahulu mengeset beberapa parameter seperti DNS, User Id dan Password yang cocok pada router tersebut. Kalau sudah selesai setting DNS dan sebagainya di router, secara automatis nanti si modem akan terkoneksi dengan router tersebut dan hasilnya sekarang rumah Zka dikelilingi wirless internet.

Yang lumayan repot kemarin itu adalah melakukan koneksi dari PC dan Laptop yang keduanya bersistem operasi Mandriva 2007.1 agar bisa terkonek dengan wireless router tersebut. Kalau laptop Zka memang sudah build in wifi card dan sudah pernah di-setting wifi kampus sebelumnya, jadi tidak terlalu repot hanya terkadang mandriva tersebut agak susah dalam melakukan koneksi kalau koneksi wireless tersebut dienkripsi.

Masalah yang repot adalah PC rumah yang ngga build in wifi card, jadi Zka coba pasangin USB WIFI. Meskipun cd driver usb wifi tersebut hanya untuk windows, tapi dengan adanya ndsiwarpper driver tersebut bisa di gunakan untuk mandriva. Akhirnya setting ADSL dan wifi untuk rumah selesai juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *