Urpmi database locked

Meskipun Mandriva diklaim sebagai distro yang user-friendly dan banyak aplikasi di Mandriva yang sudah di-support secara Graphical User Interface (GUI) termasuk proses untuk installasi, meng-uninstall dan melakukan proses update yang telah di-manage oleh Mandriva Linux Control Center. Akan tetapi, kalau kita mau melakukan update kernel, proses ini tidak bisa dilakukan melalui Mandriva Linux Control Center.


Informasi mengenai cara meng-update kernel di Mandriva bisa didapat di website ini. Di website tersebut diinformasikan kalau kita harus menggunakan commandline dalam melakukan update kernel di Mandriva. Langkahnya adalah dengan menggunakan command sebagai berikut.

# urpmi.update -a

Nah, ketika zaka mencoba pakai command tersebut muncul tulisan “urpmi database locked”. Untuk solusinya seperti biasa, kita mengandalkan googleing. Setelah googleing ketemu script untuk ngatasinnya. Berikut bash skripnya.

#!/bin/sh
if [ -f /var/lib/urpmi/.LOCK ]; then
rm -f /var/lib/urpmi/.LOCK
fi
if [ -f /var/lib/urpmi/.RPMLOCK ]; then
rm -f /var/lib/urpmi/.RPMLOCK
fi

simpan file tersebut dengan sembarang nama, Zka namain file tersebut urpmi-database-unlocked.sh setelah itu berikan command

# chmod +x urpmi-database-unlocked.sh

fungsi dari command tersebut adalah agar file urpmi-database-unlocked.sh menjadi file yang executable. Kalau udah, tinggal jalanin file tersebut pake command.

./urpmi-database-unlocked.sh

Selesai!

referensi:

http://mandrivausers.org/index.php?showtopic=32505
http://seerofsouls.com/wiki/Scripts/UrpmiDatabaseLocked

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.