Visual C++ Runtime Library Error!

Setelah lebih dari 6 Bulan Laptop kesayangan Zka ini tidak pernah mengalami masalah berarti, akhirnya kemarin 10 Mei 2007 terjadi juga. Semua permasalahan ini dimulai ketika secara tidak sengaja Zka meng-update Yahoo Messenger (YM!). Sekedar pemberitahuan, Zka selalu bermasalah dengan versi terbaru dari Yahoo Messenger, maka dari itu Zka selalu berupaya menghindari proses update. Ngga peduli deh, mau tuh program vulnerable terhadap worm or virus, Zka tetap setia menggunakan YM! versi 7. (Solusi singkat dari masalah ini silahkan langsung scroll down)


Setelah terdownload, Program Updaternya secara automatis langsung berfungsi dan mau ngga mau Zka terjebak dalam pilihan “next” atau “cancel”. Zka memilih untuk “cancel” saja dan tertutup lah proses updating tersebut. Namun akibatnya setiap Zka mau menggunakan YM!, selalu muncul proses updating tersebut. Karena cukup kesal, akhirnya Zka terpaksa memilih jalan “next > next > finish”. Dalam hati berpikir, ya udah lah toh mungkin memang saatnya kali untuk meng-update YM! Zka.

Selesai lah proses updating tersebut. Seperti biasa ketika selesai updating, langsung muncul pop-up window yang meminta isian username dan password. Setelah mengisi form tersebut Zka menekan tombol “Login” dan sejak saat itu permasalahan ini dimulai. Login tidak tetapi malah muncul sederet window yang pada intinya meminta Zka melakukan debugging karena ada masalah pada Visual C++ Runtime Library. Zka cuekin ajah dan tidak melakukan debugging karena Zka berpikir, itu tugas si Developer untuk melakukan debugging..End User santai aja :)

Sehari setelah updating bermasalah itu Zka kembali menggunakan laptop. Ketika mau membuka folder Program Files di My Computer muncul lah pop-up window yang bertuliskan

Microsoft Visual C++ Runtime Library
Runtime Error!
Program C:\WINDOWS\explorer.exe
abnormal program termination

Tidak ada pilihanlain selain menekan tombol “Ok” dan dalam sekejap seluruh window yang sedang terbuka langsung menutup kembali. Permasalahan ini sementara Zka akalin dengan cara menggukana opsi klik kanan dan memilih “exploler” atau “open”. Ini pun sedikit membuat repot, karena ada folder yang harus dibuka menggunakan “exploler” dan ada yang harus menggunakan “open”, kalau salah memilih akibatnya sama, yaitu seluruh window kembali tertutup.

Seperti biasa, kalau ada masalah tentang komputer cobalah tanya om Google. Hal pertama yang Zka cari adalah, apa itu Runtime Error, dan dapat link ini. Ok pemahaman dasar sudah didapat. Langkah berikutnya Zka coba login ke Windows melalui Safe Mode dan ternyata apabila login melalui Safe Mode, permasalahan ini tidak terjadi, semua berjalan lancar. Berdasarkan hal tersebut, diagnosis awal Zka menyatakan kalau permasalahan ini tidak terletak pada Operation System, melainkan ada pada tataran Software.

Kembali berkelana dengan Google, kemudian diarahkan ke website Microsoft yang walhasil isinya sangat tidak membantu sekali. Sambil mencari, Zka mencoba untuk meneliti perubahan Registry yang terjadi menggunakan Software HijackThis, while meneliti di HijackThis, software Norman dan Ad-aware juga bekerja sama untuk mencari kemungkinan adanya virus, worm, spyware atau adware. Pencarian semua software tersebut tidak juga menghasilkan. Akhirnya Zka mencoba cara manual dengan berpikir mundur kesaat timbulnya masalah ini, yaitu ketika menginstall YM!.

Zka mencari seluruh file yang relevan dengan YM! untuk kemudian di delete. Termasuk meng-uninstall dan membersihkan registry pakai Regclner.exe yang intinya melakukan semua cara untuk menghapus segala hal berbau YM! dan menyingkirkannya dari laptop Zka. Selesai membersihkan dan merapihkan kembali Registry, Zka restart dan berharap semua telah kembali normal. Ternyata harapan tersebut belum terwujud, kondisi laptop masih seperti semula…bermasalah!

Ugh, kayak gini sih tandanya kita harus kembali ke Google untuk terus mencari dan mencari. Pencarian di Google memang tidak pernah sia-sia. Sampailah Zka pada suatu link yang cukup relevan yaitu link ini harapan kembali timbul, tetapi hanya sesaat…karena ternyata web yang dikunjungi berbahasa Prancis. Good lah…bahasa Inggris saja Zka belum lancar apalagi Prancis? Kembali lah Zka berpikir.

Sekali lagi jawabannya adalah Google, tapi kali ini kita memanfaatkan yang namanya Google Language Tools. Dengan memanfaatkan laguage tools-nya Google, website berbahasa Prancis itu dalam sekejap bisa tertranslasi menjadi bahasa Inggris..Ajaib! Dalam bahasa Inggirs website tersebut cukup memberi Zka banyak informasi penting untuk menyelesaikan masalah Runtime Error ini. Salah satu informasi penting adalah untuk menghapus Browser Helper Object (BHO). Dengan software BHO Capture, Zka menghapus semua BHO yang terdapat di Browser Zka. Heheh, emang belum nasib kali Bos…ternyata cara ini juga ngga bisa!

Untungnya dari website Prancis tersebut ada link ke forum lainnya yang berbahasa Inggris yaitu website Anetforums. Website ini lah yang akhirnya menyelamatkan laptop Zka. Salah satu petunjuk di website itu adalah dengan me-remove Java JRE & JDK. Zka mengikuti langkah ini dan…BERHASIL!!

Demikian cerita masalah laptop Zka kali ini.

Simpulannya adalah, kalau bermasalah dengan

Microsoft Visual C++ Runtime Library
Runtime Error!
Program C:\WINDOWS\explorer.exe
abnormal program termination

Lakukan Uninstall terhadap seluruh applet Java di Komputer anda :)

16 thoughts on “Visual C++ Runtime Library Error!

  1. oo iy bener tuh.. sebelum aku download java ng ada masalah kek gitu,, nah kalo solusi dari aku sih simple aja.. kalo ada patchernya extrax ke folder lagi aja kalo ng ada jadiin rar yg di folder itu (ikonnya aja atau file” kecil, bukan sama foldernya lho)

  2. Zka… ini Sangat bermanfaat untuk ku… saat ini laptop ku juga sedang mengalami microsoft visual c++ runtime library…
    makasih ya…
    baru kali ini aku menemukan yg sehati.. :)

  3. Broo gimana cara uninstal seLuruh Appet Java, bingung ane,,
    ToLong di jeLasin Caranya. Penting banget >.<

  4. Wow, Baca tulisan ini rasanya seperti ngupas buah yang kulitnya TEBEL banget tapai dagingnya SEDIKIT banget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>